Benda Peninggalan Viking Dicuri Dari Museum

Benda Peninggalan Viking Dicuri Dari Museum
 ilustrasi (istimewa)
 21 Agustus 2017 13:15:32 wib
Share :

Kabar7, Oslo (Norwegia) - Sebuah museum di Norwegia kecolongan 400 benda peninggalan Viking. Pihak museum memperkirakan pencurian terjadi pada ahir pekan antara 11 sampai 13 Agustus kemarin.

Kata direktur University Museum of Bergen di wilayah barat daya Norwegia, Henrik von Achen kepada kantor berita AFP, yang dikutip dari Antaranews, kehilangan ini merupakan hal yang tidak terkira.

"Kalau benda-benda yang dicuri tidak dikembalikan, ini menjadi peristiwa paling buruk sejauh ini dalam 200 tahun sejarah museum Norwegia," katanya.

Benda yang dicuri, ucap Henrik, kebanyakan logam kecil seperti perhiasan. Benda tersebut tak punya nilai moneter melekat pada mereka dan nilai logamnya sendiri tergolong kecil.

"Namun, kehilangan besar dan tidak terkira itu berhubungan dengan nilai sejarah budaya benda-benda itu, yang tidak dapat dinilai dengan uang," lanjutnya.

Diterangkan, para pencuri dapat memasuki meseum dari lantai tujuh melalui perancah di depan bangunan. Ratusan benda yang dicuri ditempatkan sementara di sana sebelum dipindahkan ke lokasi yang lebih aman pada 14 Agustus.

Diakui Henrik, keamanan museum memang kurang memadai. Harusnya ada unsur kemanan tambahan di museum agar lebih aman.

Untuk memudahkan pencarian benda yang dicuri, pihak museum mengunggah foto benda tersebut di situs media sosialnya.

"benda-benda itu terkenal dan karenanya lebih sulit dijual dan lebih mudah dikenali," ucap Henrik.

Saat ini, kasus pencurian benda peninggalan Viking tersebut dalam penyelidikan polisi Norwegia bersama dengan timpalan internasional mereka.

(**)