Bandung Terima Penghargaan Dari ASEAN

Bandung Terima Penghargaan Dari ASEAN
 (*)
 13 September 2017 13:44:03 wib
Share :

Kabar7, Bandung - Kota Bandung mendapat penghargaan sebagai kota metropolitan dengan kualitas udara paling bersih. Penghargaan didapat dalam ajang The 4th ASEAN Environmentally Cities Award yang berlangsung di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Selasa (12/9/2017).

"Alhamdulilah Kota Bandung mendapatkan ASEAN Environment Award untuk kategori kota metropolitan dengan kualitas udara terbersih dan terjaga," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam siaran pers pemerintah kota, Rabu (13/9/2017).

Hasil pengujian dan pengukuran selektif yang telah dilakukan menjadi dasar penghargaan ASEAN itu diberikan kepada Kota Bandung. Kemudian, ASEAN juga menilai program-program Pemerintah Bandung merupakan upaya berkelanjutan guna mendukung kualitas lingkungan.

Pogram yang dinilai antara lain pembentukan tim teknis pengendali polusi udara, sosialisasi manajemen kualitas udara melalui seminar dan lokakarya, hingga pengujian emisi kendaraan bermotor.

Penilaian juga mencakup penerapan Car Free Day di tiga tempat setiap pekan. Kemudian pemasangan alat pemantau kualitaz udara di 27 titik, serta menempatkan Air Quality Monitoring System (AQMS) di Dago Pakar, Pajajaran, Ujungberung dan Gedebage.

"Terima kasih untuk semua pihak yang selalu menjaga kebersihan lingkungan, khususnya kualitas udara, di Kota Bandung agar selalu bersih dan biru," tutur Kang Emil, sapaan akrab, dikutip dari Antaranews.

(**)