Bakamla Teken MoU, Coast Guard Yunani

Bakamla Teken MoU, Coast Guard Yunani
 (Dok. Humas Bakamla RI)
 21 April 2018 17:10:16 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksdya TNI Ari Soedewo dan Komandan Penjaga Pantai Yunani (Commandant of the Hellenic Coast Guard) Laksdya Stamatios Raptis menandatangi surat pernyataan kehendak (Letter of Intent) untuk meningkatkan kerja sama peningkatan kapasitas antara Bakamla RI dan HCG di Piraeus, Yunani.

Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono menjelaskan penandatangan tersebut dilaksanakan setelah dua hari sebelumnya berlangsung pembahasan intensif antara delegasi Indonesia yang dipimpin Kepala Bakamla RI dengan jajaran HCG yang dipimpin Komandan HCG di kantor HCG pada Rabu (18/4).

"Melalui penandatanganan LOI yang berlangsung Jumat (20/4), kedua pihak sepakat membangun kerja sama bilateral dalam berbagai bidang. Di antaranya yaitu berbagi pengalaman dan praktek-praktek terbaik di bidang penghadangan di laut termasuk visit, board, search, seizure (VBSS), memerangi kegiatan perikanan ilegal, yang tidak diatur dan tidak dilaporkan, serta pencegahan perlintasan batas secara tidak sah di laut, dan juga SAR (Search and Rescue) atau pencarian dan penyelamatan," jelas Kasubbag Humas Bakamla RI melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (21/4/2018).

Selain itu, lanjutnya, kedua pihak juga telah menyepakati berbagi informasi pengembangan kapasitas organisasi dan kebijakan, serta sepakat pula untuk menjajaki kemungkinan bertukar spesifikasi teknis peralatan penting dan bentuk-bentuk kerja sama lain guna meningkatkan penegakkan hukum di laut dan pengumpulan informasi.

(andreas)