Bakamla: Keamanan Laut Merupakan Bagian Vital Terwujudnya Strategis Pertahanan

Bakamla: Keamanan Laut Merupakan Bagian Vital Terwujudnya Strategis Pertahanan
 (dok. Humas Bakamla RI)
 21 Oktober 2017 15:45:09 wib
Share :

Kabar7, Cirebon - Bakamla RI bersama mahasiswa/santri Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon mengadakan seminar dengan tema "Peran Bakamla RI dalam menjaga Keutuhan NKRI Bersama Rakyat" pada Jumat (20/10/2017) kemarin.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo sebagai narasumber dalam acara menjelaskan tema seminar secara gamblang di hadapan ratusan peserta di Kampus UNU Cirebon.

Banyak materi seputar keamanan dan keselamatan laut serta potensi kelautan Indonesia yang disampaikan orang nomor satu Bakamla RI tersebut.

Posisi Indonesia yang strategis dalam lalu lintas perdagangan dapat memberikan keuntungan dalam hal meningkatnya perekonomian dan kesejahteraan nasional.

"Disisi lain memerlukan kewaspadaan terhadap potensi penjarahan SDA, masalah rawan sengketa dengan negara tetangga, serta kemungkinan terjadinya degradasi budaya," ucap Ari Soedewo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/10/2017).

Diingatkannya juga, samudera, laut, selat, dan teluk adalah masa depan peradaban bangsa Indonesia. Melalui visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), seluruh komponen bangsa harus bekerja sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim.

"Keamanan laut merupakan bagian yang sangat vital bagi terwujudnya strategi pertahanan sekaligus kontribusi bagi penyelenggaraan keamanan dan penegakan hukum di laut," ujarnya.

Oleh karena itu, Bakamla RI bersama instansi dan komponen bangsa lainnya bersinergi untuk menjaga keamanan laut Indonesia dari para penjarah, dari pelaku kejahatan lintas negara, serta menjaga keamanan perbatasan juga.

Laksdya Ari berharap apa yang disampaikannya dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik bagi seluruh peserta acara, khususnya generasi muda NU, sehingga dapat berkontribusi positif dalam menjawab tantangan yang ada demi kemajuan bangsa.

(hd)