AKSI 313 SAH BILA DILAKUKAN SESUAI ATURAN

AKSI 313 SAH BILA DILAKUKAN SESUAI ATURAN
 ilustrasi (istimewa)
 27 Maret 2017 17:52:29 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Sejumlah organisasi masyarakat Islam berencana menggelar aksi unjuk rasa pada 31 Maret ini (313). Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai hal itu sah-sah saja jika dilakukan sesuai aturan.

"Ya kalau menurut saya itu kan aksi sudah biasa ya. Sah-sah saja kalau ikut aturan, tertib, aman, damai," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Aksi berbentuk unjuk rasa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari demokrasi. Untuk itu, kata Fadli, setiap individu mempunyai hak menyampaikan aspirasinya dengan cara unjuk rasa.

Sementara dia menilai jika aksi yang akan dilakukan ini tak ada kaitannya dengan Pilkada DKI Jakarta. Terlebih untuk mengintervensi pesta demokrasi tersebut yang telah masuk pada putaran kedua ini.

"Saya kira harusnya tokoh-tokoh ormas Islam dalam beberapa kali demonstrasi bahkan dalam skala yang besar tidak ada insiden, semuanya relatif berjalan aman. Jadi sebaiknya demonstrasi itu difasilitasi dan dijaga bersama-sama jangan diprovokasi, jangan diintimidasi," pungkasnya.

Diketahui, Forum Umat Islam (FUI) bersama peserta aksi yang pernah telibat dalam aksi 212 akan menggelar aksi damai bertajuk "313". Aksi 313 tersebu nantinya akan diawali dengan salat Jumat di Istiqlal, kemudian jalan ke Monas dan depan Istana.

Sedangkan untuk tuntutan aksi masih sama, yakni meminta calon petahana Basuki Tjahaja Purnama diberhentikan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ahok (sapaan akrab Basuki) merupakan kontestan Pilkada DKI putaran kedua yang kini sedang melaku cuti sebagai Gubernur DKI karena mengikuti masa kampanye.

Pasangan calon yang berdampingan dengan Djarot S itu juga merupakan terdakwa kasus penistaan agama. Karena hal ini, pemerintah dituntut untuk memberhentikan Ahok sebagai pemimpin Ibu Kota.

(hd/**)