Akademi Militer di Magelang Lokasi World Cadet Games 2018

Akademi Militer di Magelang Lokasi World Cadet Games 2018
 Ilustrasi (istimewa)
 14 November 2017 17:37:15 wib
Share :

Kabar7, Magelang - Kampus Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, terpilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Conseil International du Sport Militaire (CISM) 3rd World Cadet Games 2018.

"Kompetisi olahraga militer ini akan berlangsung pada 28 April-6 Mei 2018 dan diikuti ribuan peserta dari akademi militer seluruh dunia," kata staf ahli Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Endang Sodik, di Magelang, Selasa (14/11/2017).

Ia menyampaikan itu usai beraudiensi dengan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, dan jajarannya.

Sodik mengatakan, Indonesia memiliki Komite Olahraga Militer Indonesia yang nantinya menangani cabang olahraga dengan peserta dari anggota TNI.

Ia menuturkan, audiensi ini pemberitahuan awal atas rencana pelaksanaan kegiatan tingkat dunia itu.

Audiensi tidak hanya dilakukan di Kota Magelang saja, namun juga di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, serta daerah-daerah lain yang menjadi lokasi pelaksanaan lomba.

"Sejauh ini, sudah ada 2.000 peserta dari militer berbagai negara yang telah terdaftar sebagai peserta. Jumlah itu diperkirakan masih akan bertambah," ungkap Sodik.

Ia menyebutkan beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan dalam kompetisi tersebut antara lain track and field, orienteering, dan military pentathlon meliputi menembak, lari halang-rintang, renang halang-rintang, lintas medan, throwing, dan obstacle relay race. Selain itu, ada juga bola voli, renang, dan bulutangkis.

Widyonindito menyatakan, "Kami tentu mendukung dan menyambut pelaksanaan kegiatan ini. Apalagi jumlah peserta mencapai ribuan orang yang akan turut berdampak pada pariwisata dan perekonomian warga."

Ia berharap promosi wisata Kota Magelang bisa sampai ke luar negeri melalui kegiatan ini.

"Paling tidak, dari ribuan peserta itu bisa membawa dan mengenalkan souvenir maupun oleh-oleh dari UMKM Kota Magelang ke negara masing-masing," katanya.

 

Sumber: AntaraNews