Acara Pariwisata yang Sukses Perlu Memperhatikan Lokasi, Keekonomian, Keramaian

Acara Pariwisata yang Sukses Perlu Memperhatikan Lokasi, Keekonomian, Keramaian
 Ilustrasi (istimewa)
 15 Juli 2018 09:49:07 wib
Share :

Kabar7, Limapuluh Kota - Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata I Regional I Kementrian Pariwisata Indonesia, Masruroh menyebutkan penyelenggara acara pariwisata perlu perhatikan tiga hal pada setiap pelaksanaan acara atau kegiatan promosi pariwisata.

Hal tersebut disampaikannya dalam rangkaian acara Pasa Harau Culture and Art Festival 3 yang digelar di Nagari Harau Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Sabtu (14/7/2018).

"Dalam setiap pelaksanaan kegiatan pariwisata maka ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh penyelenggara," katanya di Harau.

Ia menyebutkan, hal pertama dari ketiga hal tersebut ialah memperhatikan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, baik sebagai pelaku maupun sebagai penonton.

Hal kedua, menurut dia, adalah kegiatan pariwisata yang bertujuan untuk pelestarian budaya juga harus berdampak pada perekonomian masyarakat.

Sementara hal ketiga adalah destinasi wisata tempat acara pariwisata tersebut dilaksanakan hendaklah dikunjungi oleh banyak turis sebagai dampak dari pelaksanaan event tersebut.

"Rangkaian kegiatan Pasa Harau Culture and Art Festival yang saat ini diselenggarakan diharapkan dapat menghadirkan tiga tersebut," ujar dia.

Ia menambahkan Lembah Harau memiliki potensi yang besar, apabila dikemas dengan baik untuk wisatawan maka selanjutnya destinasi wisata tersebut akan dapat bersaing dengan destinasi wisata lain.

Menurut dia, ketika daerah berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata, maka pemerintah pusat yang dalam hal ini Kementrian Pariwisata akan siap untuk mendukung.

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan ketika destinasi wisata Lembah Harau sudah siap untuk dikenal secara internasional, maka juga harus diiringi dengan kesiapan masyarakat.

"Masyarakat harus siap menyambut wisatawan dan bersikap ramah kepada mereka untuk menciptakan kenyamanan bagi pengunjung," katanya.

(antara)