3 Tahun Pemerintahan Jokowi-Jk, Darmin Klaim Peningkatan Bidang Ekonomi

3 Tahun Pemerintahan Jokowi-Jk, Darmin Klaim Peningkatan Bidang Ekonomi
 (*)
 17 Oktober 2017 17:31:22 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Beberapa pencapaian bidang ekonomi dalam tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dipaparakan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Kata Darmin, ekonomi Indonesia terus menunjukan perbaikan yang menggembirakan. Hal ini bisa dilihat dari inflasi yang selalu di bawah 4 persen salam tiga tahun pemerintahan berjalan.

Selain itu, ada juga indikator yang menunjukan peningkatan tersebut di antaranya Dari mengungkapkan, kemiskinan yang menurun, pertumbuhan ekonomi yang stabil, ketimpangan pendapatan menurun.

"Dan pengangguran yang juga menurun," jelas Menko Darmin saat konferensi pers 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Bina Graha, Selasa (17/10/2017).

Darmin juga mengklaim bila pertumbuhan ekonomi yang tadinya melambat, kini berbalik cepat lagi. Ia mengharapkan pertumbuhan ekonomi bergerak ke angka 5,3 persen.

"Namun, kami optimis pertumbuhan di angka yang ditargetkan dan bahkan bisa lebih sedikit," paparnya, dikutip dari Sindonews.

Infrakstruktur saat ini sudah merata antara Timur dan Barat Indonesia. Ini merupakan pondasi dasar perekonomian nasioanl untuk lebih baik ke depannya.

Selain itu, tambah Darmin, dari sisi inflasi pemerintah berhasil mengelola dengan baik. Sejak inflasi nasional sebelum krisis 1998, inflasi nasional selalu double digit.

"Namun, setelah krisis eknomi, inflasi pelan-pelan menurun. Tiga tahun terakhir selalu di bawah angka 4 persen. Ini prestasi yang membanggakan," jelasnya.

Karena itu, Darmin optimistis, inflasi akan terus menurun hingga di angka 3,5 persen plus minus 1 persen. Bahkan, pemerintah mendatang, bila terus terjaga bisa di angka 3 persen, lalu 2 persen plus minus 1 persen.

"Maka, saat itu, kita bisa sejajar dengan negara maju yang lain," pungkasnya.

(**)