100 CPNS Bakamla Ikuti Latihan Calon Pengawak Kapal Patroli

100 CPNS Bakamla Ikuti Latihan Calon Pengawak Kapal Patroli
 (Dok. Humas Bakamla RI)
 08 Oktober 2018 18:20:44 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Pembukaan latihan calon pengawak kapal patroli yang diikuti 100 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Bakamla RI, secara resmi dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan Bakamla Laksma TNI Eko Jokowiyono yang ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan, di Ruang Serba Guna Kantor Bakamla RI Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (8/10/2018).

Dalam sambutannya, Laksma Eko mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini ditujukan untuk mempersiapkan CPNS Golongan II yang akan bertugas di kapal patroli Bakamla.

Menurut dia, tujuan diadakannya latihan calon pengawak tersebut untuk menyiapkan personel Bakamla, khususnya para CPNS yang akan ditugaskan sebagai awak kapal patroli, sehingga siap dalam menjalankan operasi keamanan dan keselamatan laut.

"Dalam latihan calon pengawak kapal patroli, Bakamla RI bekerja sama dengan Kolat Armada-I TNI AL yang akan memberikan tenaga pelatih dan narasumber," ujarnya.

Untuk diketahui, lanjutnya, dalam pelatihan tersebut kompetensi yang diajarkan yaitu kemampuan melakukan peran tugas di atas kapal, pengetahuan mengenai keamanan laut, kedisiplinan sikap, serta keterampilan penggunaan sarana dan prasarana di atas kapal.

"Ikutilah latihan calon pengawak kapal patroli ini dengan baik dan sungguh-sungguh oleh seluruh peserta, sehingga materi yang diberikan dapat dipahami, dimengerti dan tentunya dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas," jelasnya.

Laksma Eko turut menyampaikan apresiasinya kepada pihak Kolat Armada-I TNI AL dan jajaranya, yang telah memfasilitasi tenaga pelatih dan narasumber hingga latihan tersebut dapat terselenggara dengan baik.

(Puspen TNI/Hadi)